Kontak Kami :

Jalan Kaliwuluh Jraganan Bodeh Pemalang

BODEH, KKN TIM II UNDIP adakan program GATING MADU (Jraganan Cegah Stunting Multiprogram Terpadu) sebagai bentuk perluasan kesadaran pentingnya pencegahan stunting sejak dini di balai desa Jraganan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan Ibu hamil Minggu, 23/07/2023.

Bentuk pelaksanaan program kerja yang pertama adalah memberikan edukasi terkait diversifikasi pangan dengan menjabarkan komposisi asupan gizi yang cukup bagi ibu hamil dan anak-anak. Program kerja kedua adalah praktek terapi mindfullness sebagai bentuk pencegahan depresi pada ibu hamil. Program ketiga berupa pengenalan gerakan makan ikan dalam rangka memberikan kesadaran akan pentingnya perolehan protein dari mengkonsumsi ikan. Program terakhir adalah penyerahan modul pencegahan stunting yang dapat diakses dengan mudah oleh warga desa Jraganan melalui situs web desa

Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh yang disebabkan oleh kurang gizi kronis di 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) anak, yaitu sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Stunting dapat berdampak hingga anak dewasa, anak yang mengalami stunting lebih rentan sakit dibanding anak yang tidak mengalami stunting sehingga dapat berdampak pada kesehariannya seperti akademik dan pergaulan di lingkungan masyarakat.

Pencegahan stunting penting dilakukan salah satunya dengan menggalakkan edukasi pada masyarakat agar informasi terkait cara-cara pencegahan stunting sejak dini dapat tersampaikan secara masif serta mampu menyadarkan akan bahaya dari stunting.

Kementerian kesehatan mengumumkan bahwa angka stunting di Indonesia mengalami penurunan dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di tahun 2022. Hal tersebut menjadi harapan angka stunting di Indonesia dapat menurun hingga di bawah 20%, sehingga dengan adanya program GATING MADU diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi masyarakat khususnya warga desa Jraganan terkait urgensi pencegahan stunting sejak dini agar mampu mewujudkan Indonesia tanpa stunting.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *