Kontak Kami :

Jalan Kaliwuluh Jraganan Bodeh Pemalang

Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan merupakan salah satu forum dalam menyalurkan aspirasi masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD. Dalam proses perencanaan pembangunan desa, BPD dalam menjalankan fungsinya sebagai aspirator, selain melalui forum Musdes, BPD diharapkan dapat menyerap aspirasi masyarakat melalui media lain. Aspirasi masyarakat sangat penting ketika sifatnya adalah kebutuhan masyarakat, bukan keinginan, sehingga aspirasi itu harus diperjuangkan agar masyarakat merasakan hasil penyelesaian masalah yang terjadi di tengah masyarakat saat ini di maupun dampak keberlanjutan pembangunan di desa kedepan .

Penyampaian aspirasi masyarakat kepada BPD, tidak terbatas hanya melalui Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan yang hanya dilakukan sekali dalam setahun, tapi bisa dengan dialog/obrolan warkop, arisan, obrolan di pos ronda/cakruk, ngendong di teras rumah warga, obrolan pinggir jalan, tambak, kehun/sawah/ baron atau dapat juga menggunakan kotak aspirasi khususnya untuk masyarakat generasi X dan sebelumnya, sedangkan untuk menjaring aspirasi generasi milenial/Y dan sesudahnya dapat memanfaat medsos, kanal asmara secara digital. Hal ini dikarena aspirasi masyarakat terus bergulir, sehingga dapat dilakukan dengan menggunakan metode yg tepat untuk dengar aspirasi masyarakat umum, agar penyampaian aspirasi dapat lebih cepat diterima dan dipertimbangkan.

Sudah sejauh mana, lembaga BPD desa kita  dalam mengfungsikan diri sebagai aspirator yang juga dalam menjalan kewajiban lembaga ?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *