Kontak Kami :

Jalan Kaliwuluh Jraganan Bodeh Pemalang

BODEH, Salah satu upaya menghadapi permasalahan penurunan penjualan yang dialami pemilik usaha UMKM di desa Kelangdepok, mahasiswa KKN UNDIP membuat gagasan program pembuatan marketplace online untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas, serta melakukan pelatihan cara menggunakan marketplace online Kamis (27/7) di rumah Ibu Tursiah salah pemilik usaha UMKM Kue Kering Raos Eco. Marketplace yang digunakan adalah Facebook dengan memanfaatkan salah satu fitur yang ada di Facebook yaitu Facebook Marketplace.

Platform marketplace online yang dibuat untuk UMKM berfungsi sebagai tempat untuk memasarkan produk, menjual produk, dan sebagai wadah interaksi sosial yang memungkinkan pemilik usaha dan konsumen berinteraksi secara langsung. Konsep ini memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform sosial media, yaitu Facebook di mana para penjual dan pembeli dapat berkomunikasi, memberikan ulasan, dan berbagi pengalaman.

”Dengan adanya platform ini, saya merasa lebih dekat dengan pelanggan kami. Kami bisa berbicara langsung dengan mereka, mengenali preferensi mereka, meningkatkan kualitas produk dan saya pun menjadi lebih percaya diri untuk menjualnya karena produk saya difoto dan diedit dengan cantik” ungkap Ibu Tursiah. Pembuatan Facebook marketplace ini bagi Ibu Tursiah pemilik usaha kue kering di desa Kelangdepok mampu membuka pintu baru untuk meraih pelanggan yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen.

Era globalisasi dan modernisasi yang semakin pesat, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam perekonomian suatu negara. UMKM berperan dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Melalui keberhasilan program ini juga menunjukkan potensi besar UMKM dalam beradaptasi dengan perubahan dan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi tantangan. Diharapkan bahwa inisiatif semacam ini dapat menginspirasi UMKM lainnya yang berada di  desa Kelangdepok ataupun desa desa lainnya untuk mengikuti jejak positif ini dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal secara berkelanjutan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *