Kontak Kami :

Jalan Kaliwuluh Jraganan Bodeh Pemalang

BODEH, Berkolaborasi dengan pemerintah desa, sekolah setempat, dan beberapa sukarelawan berpengalaman mahasiswa KKN Undip menginisiasi program kerja Edukasi Literasi Informasi dan Literasi Digital bagi anak-anak desa Kelangdepok.

Kegiatan dilaksanakan di Perpustakaan Desa Sanggar Mekar Jumat (28/7). Edukasi berfokus pada pemanfaatan sumber daya lokal dengan memberikan akses praktis ke dunia maya untuk merangsang rasa ingin tahu mereka untuk menggali lebih dalam.

Tujuan utama program ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada anak-anak desa bagaimana menyaring, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang mereka temui di dunia maya. Tujuan lainnya adalah mengurangi kesenjangan digital antara perkotaan serta mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan era digital.

Sesi edukasi dimulai dengan pelatihan pemahaman informasi dengan mengenalkan kegunaan alat pencarian dan cara mengevaluasi sumber informasi. Tidak hanya itu, anak-anak dikenalkan dengan aplikasi edukatif dan cara penggunaannya. Anak-anak juga diberikan pemahaman tentang perlindungan privasi, keamanan online, dan pentingnya bersikap bijak dalam berinteraksi di dunia maya.

Selama kegiatan anak-anak menunjukkan peningkatan kemampuan untuk menemukan informasi yang relevan, memilah sumber informasi, dan memahami pentingnya berpikir kritis. Selain itu, program ini mendorong semangat kolaboratif di antara mereka, dengan sesi diskusi dan berbagi pengetahuan secara online.

Melalui program ini warga desa merasa optimis bahwa anak-anak desa akan siap menghadapi masa depan yang semakin digital. Mereka percaya bahwa investasi dalam literasi informasi dan literasi digital akan membawa manfaat jangka panjang bagi perkembangan desa dan mendorong inklusi digital yang lebih luas. (AMF)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *