Kontak Kami :

Jalan Kaliwuluh Jraganan Bodeh Pemalang

BODEH, Mahasiswa KKN Undip menginisiasi edukasi bertajuk “Bersama Pancasila: Membangun Generasi Toleransi” pada anak-anak desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.

Edukasi penanaman nilai-nilai Pancasila adalah bentuk kesadaran bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam mewujudkan masyarakat yang harmonis, toleran, dan berkeadilan melalui nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan diadakan di Perpustakaan Desa Sanggar Mekar Jumat (28/7) dihadiri 30 anak-anak dari berbagai tingkatan usia. Kegiatan dimulai dengan menekankan pada anak-anak bahwa Pancasila bukan hanya sekedar teori atau simbol, tetapi juga pedoman dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan materi sejarah lahirnya Pancasila, makna dari setiap sila, dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan diakhiri dengan permainan edukatif dan sesi tanya jawab untuk mendorong partisipasi aktif dari para peserta.

“Pancasila adalah ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang merupakan landasan bagi penyelenggaraan pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kegiatan ini merupakan upaya untuk berkontribusi membumikan Pancasila di kalangan anak-anak Desa Kelangdepok, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang mampu menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi nilai toleransi,” ungkap Carol Alyssa selaku mahasiswa yang menginisiasi kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila.

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah meningkatkan pemahaman tentang Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia agar mampu membentuk dasar kuat bagi anak-anak desa dalam membangun sikap toleransi dan menghargai keberagaman.

Antusiasme anak-anak saat sesi edukasi diharapkan nilai-nilai luhur Pancasila dapat terus ditanamkan pada anak-anak desa dan menjadi landasan kuat bagi masa depan bangsa

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *