Kontak Kami :

Jalan Kaliwuluh Jraganan Bodeh Pemalang

BODEH, Semakin berkembangnya era otonomi daerah, peran pemerintahan desa semakin penting dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas dan memberdayakan masyarakat. Mahasiswa KKN Undip menjalankan program kerja Optimalisasi Peran Pemerintahan Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang selama masa pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Bentuk pengoptimalan peran pemerintah desa adalah inovasi pembentukan struktur organisasi desa yang efisien, mengusulkan pembuatan visi misi pemerintah desa yang menginspirasi, penerapan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan publik yang transparan, dan semangat membasmi korupsi melalui 9 prinsip antikorupsi.

Perangkat desa berkolaborasi dengan tokoh masyarakaat dalam menyusun struktur organisasi desa yang efisien agar setiap aspek pelayanan dan pengambilan keputusan menjadi lebih terorganisir dan berdaya guna.

Warga desa juga turut diajak dalam proses penyusunan dokumen-dokumen penting untuk memastikan bahwa seluruh lapisan masyarakat merasa memiliki peran dan tanggung jawab dalam pembangunan desa.

Selanjutnya, dengan melibatkan warga melalui musyawarah, pemerintahan desa menetapkan visi misi yang mencerminkan cita-cita dan tujuan bersama masyarakat desa. Visi misi ini menjadi pedoman dalam menyusun program dan kebijakan pembangunan desa yang berorientasi pada kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh warga.

Pembuatan SOP pelayanan publik yang transparan dan mudah diakses oleh masyarakat juga menjadi salah satu bagian dari program pengoptimalan tersebut, dengan harapan pelayanan publik menjadi lebih cepat, tepat, dan bebas dari praktek korupsi.

Pencegahan tindak korupsi juga dirasa perlu sehingga mahasiswa KKN Undip membuat desain yang berisi 9 sikap nilai antikorupsi yang diakui secara nasional.

Melalui program ini menjadi contoh nyata bagaimana kontribusi mahasiswa dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan memperkuat peran pemerintahan desa. Semangat inovasi dan semangat antikorupsi menjadi langkah awal dalam mewujudkan desa yang lebih baik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *